HIfamily

Mitos dan Fakta Jurusan Hubungan Internasional

Banyak sekali alasan mengapa banyak siswa memilih jurusan yang satu ini, itu pula yang membuat banyak sekali mitos dan fakta jurusan hubungan internasional yang beredar di masyarakat. Berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta tersebut :

HI adalah jurusan komunikasi dalam skala Internasional

Mitos dan fakta jurusan hubungan internasional yang pertama adalah tentang mitos yang beredar, bahwa seseorang yang masuk ke dalam jurusan HI ini hanya akan belajar tentang dunia perpolitikan saja.

Hal seperti ini tentu tidak benar, memang benar, salah satu mata pelajaran yang ada di jurusan HI ini mempelajari tentang dunia politik, namun yang dimaksud adalah dunia politik internasional. Tidak hanya itu, disini para mahasiswa/i HI ini juga akan belajar tentang sejarah berbagai negara, geografi berbagai negara, dan berbagai isu global lainnya. Karena sejatinya berbagai isu global ini akan mempengaruhi berbagai keputusan politik.

Mahasiswa HI wajib berbahasa Inggris

Banyak sekali mitos yang beredar, bahwa sebelum menjadi mahasiswa HI, maka calon mahasiswa tersebut harus bisa dalam berbahasa Inggris.

Faktanya tidak selalu seperti itu, bahkan tidak jarang banyak sekali mahasiswa yang kurang fasih dalam berbahasa Inggris dan masuk ke jurusan tersebut. Bahkan yang tidak banyak diketahui orang, mata kuliah bahasa Inggris di jurusan ini sendiri tidak lebih dari 6 SKS.

Jurusan yang keren dan bisa ke luar negeri

Banyak mitos yang beredar, jika seseorang yang kuliah di jurusan Hubungan Internasional ini pasti akan sering jalan-jalan ke luar negeri. Mitos ini sendiri berhubungan dengan nama dari jurusan tersebut, yaitu, Hubungan Internasional.

Pada kenyataannya tidak selalu demikian. Faktanya, walaupun namanya Hubungan Internasional, jurusan ini hanya mempelajari bagaimana adat istiadat, hubungan diplomatik, serta hubungan dunia perpolitikan di tingkat dunia. Sedangkan untuk bepergian ke luar negeri, hal ini tergantung dari universitas yang mengusungnya. Karena ada beberapa universitas yang memberikan beasiswa berupa study banding ke beberapa negara tetangga.

Kuliah di HI bisa punya banyak teman bule

Ada mitos yang beredar bahwa seseorang yang kuliah di jurusan HI pasti banyak mempunyai teman asing.

Hal seperti ini tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Sebenarnya siapa saja dapat mempunyai teman dari negara asing. Yang diperlukan adalah keberanian untuk berbicara. Selain itu, tidak semua mahasiswa yang kuliah di jurusan HI mempunyai teman dari negara lain.

Jurusan HI pasti tidak akan belajar matematika

Mitos yang beredar, jika dilihat berdasarkan namanya, seseorang yang kuliah di jurusan ini tidak akan belajar matematika, karena tidak ada hubungannya dengan materi perkuliahan yang ada.

Faktanya, ada salah satu mata kuliah yang ada di jurusan ini, yang membuat para mahasiswanya untuk berhitung. Adalah mata kuliah Ekonomi dan statistik yang ada pada semester awal. Disini para mahasiswa harus menghitung dan tentang perekonomian suatu negara, dan hal lainnya.

Lulusan HI pasti akan bekerja di Deplu

Mitos dan fakta jurusan hubungan internasional yang beredar di masyarakat terakhir, adalah ketika seseorang yang lulus dari jurusan Hubungan Internasional, pasti akan bekerja di Departemen Luar Negeri atau menjadi diplomat.

Faktanya tidak selalu seperti itu, seseorang yang lulus di jurusan Hubungan Internasional, tidak harus selalu menjadi seorang diplomat, bekerja di kementrian luar negeri atau yang berhubungan dengan itu. Namun seseorang yang lulus di jurusan ini juga dapat bekerja di bidang lainnya yang pastinya masih berhubungan dengan jurusan tersebut, seperti jurnalis, dll.

Sumber link

Sumber foto dari Hipwee

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FRESH

AnakHI.com adalah situs mahasiswa dan alumni Hubungan Internasional. Diperuntukan bagi siapa saja yang tertarik dengan dunia Hubungan Internasional

Tagline : Dari HI ke HI

Hak cipta dilindungi : AnakHI.com

To Top